animasi  bergerak gif

Selasa, 17 Juli 2012

bassang

Makanan ini terbuat dari buah jagung. Dalam proses penyajiannya, jagung dicampur dengan santan, tepung terigu, air, serta gula dan garam. sangat lesat apalagi di sajikan panas.

Orang Makassar menyebutnya, Bassang. Bubur dengan berbahan utama jagung. Bubur bassang yang terbuat dari jagung memiliki nilai gizi tinggi, mengurai, biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin.

Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah

    Kalori : 355 Kalori
    Protein : 9,2 gr
    Lemak : 3,9 gr
    Karbohidrat : 73,7 gr
    Kalsium : 10 mg
    Fosfor : 256 mg
    Ferrum : 2,4 mg
    Vitamin A : 510 SI
    Vitamin B1 : 0,38 mg
    Air : 12 gr

Bassang lebih baik dihidangkan dalam keadaan panas dan diberi gula pasir secukupnya pada waktu disajikan. Kini, bassang siap saji dalam bentuk kemasan telah ada dan beredar luas di Sulawesi. Selamat Menikmati !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar